Tips Langsing

Posted by Ockym al ayuby on Tuesday, 24 August 2010

Manfaat meminum air putih secara rutin bagi kesehatan dan kecantikan memang tidak terbantahkan. Riset terbaru menunjukkan, meminum air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi para ahli dari Virginia Tech, Amerika Serikat mengungkapkan, para wanita yang menjalankan program diet mampu menurunkan rata-rata 2,7 kilogram bobotnya lebih banyak jika meminum air putih dua atau tiga gelas sehari sebelum makan. Penelitian ini telah diuji selama 12 minggu pada 48 orang dewasa dengan rentang usia 55 sampai 75 tahun, yang terbagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama mengikuti diet rendah kalori, tapi tidak minum air tambahan sebelum makan. Kelompok kedua mengikuti diet rendah kalori tapi minum dua gelas air sebelum menyantap makanan.

Menurut Dr Brenda Davy yang memublikasikan riset ini pada National Meeting of the American Chemical Society in Boston, meski air putih bisa membuat anda kenyang tanpa menambah kalori, tapi terlalu banyak minum air pun tidak disarankan karena dapat mengakibatkan problem kesehatan yang serius.

Tidak Berkalori
Berdasarkan hasil penelitian selama 12 minggu, mereka yang minum air putih sebelum makan kehilangan sekitar 7 kilogram, sementara yang tak meminum air putih sebelum makan hanya turun 5 kilogram saja.

Bahkan sebuah riset sebelumnya menemukan, responden usia paruh baya dan lansia yang minum dua gelas air putih sebelum makan, maka jumlah asupan yang mereka makan berkurang 75 hingga 90 kalori dibanding tidak mengkonsumsi air putih sebelum makan.

Menurut Davy, penelitian itu merupakan uji coba terkontrol pertama yang dilakukan secara acak untuk melihat pengaruh konsumsi air terhadap diet.
Davy bilang, alasan mengapa air putih sangat efektif terhadap proses penurunan berat badan karena air putih membuat kenyang tetapi tak berkalori.

"Orang harus lebih memilih minum air putih dan membatasi minuman manis yang berkalori tinggi. Ini adalah cara sederhana untuk menjaga berat badan," kata Davy.

Memilih minuman diet atau jenis lainnya yang berpemanis buatan, lanjut Davy, juga dapat membantu mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan.
Artikel Terkait
0 Comments
Tweets
Comments

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment