MINYAK BUMI (Pengertian, Manfaat, Penyebab Kelangkaan, Cara Melestarikan, Lokasi Persebaran)

Posted by Rokhim al ayuby

PENGERTIAN
Minyak bumi (bahasa Inggris: petroleum, dari bahasa Latin petrus – karang dan oleum – minyak), dijuluki juga sebagai emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya.[1][2] Setelah itu, minyak bumi akan diproses di tempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar, mulai dari bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan.[3] Minyak bumi digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan manusia.[4]

MANFAAT
Untuk Bahan bakar
Hampir semua produk dari minyak bumi dan gas alam dimanfaatkan dan dipergunakan untuk bahan bakar. Bahan bakar disini termasuk juga untuk bahan bakar untuk kebutuhan rumah tangga, bahan bakar untuk industri dan bahan bakar untuk kendaraan. Bahan bakar minyak yang biasanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga adalah bahan bakar minyah tanah dan juga gas LPG. Minyak tanah ini sendiri sebeanrnya berasal dari pengolahan dari kerosin. Sedangkan gas LPG berasl dari pengolahan dari gas. Selain digunakan untuk bahan bakar untuk kompor di rumah tangga dan industri. Bahan bakar dari minyak bumi juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan. Mulai dari motor, mobi, pesawat dan beberapa kendaraan yang menggunakan mesin berbehan bakar. Beberapa produknya yang biasanya dihunakan adalah bensin dan minyak solar. Dalam bensin mengandung ratusan dari jenis hidrokarbon yang memiliki jumalah rantau karbon lebih banyak. Sedangkan untuk minyak solar banyak yang menggunakan untuk beberapa jenis mensin diesel.
Untuk Bahan Baku Industri
Pemanfaatan minyak bumi untuk kegiatan industri sangatlah banyak. Ini berhubungan dengan perkembangan dari kehidupan manusia. Karena ada banyak produk bahan yang dhasilkan industri dengan menggunakan minyak bumi dan gas alam. Beberapa hasil produksi yang dihasilkan dari minyak bumi digolongkan dalam kategori, plastik, serat yang sintetis, karet yang sintetis, pestisita, detegen, plarut, pupuk, obat dan beberapa vitamin juga memanfaatkan minyak bumi. JIka di kalkulasikan hampir semua produk dari kehidupan manusia di buat berdasarkan bahan baku dar minyak bumi. Maka tak heran jika Pemanfaatan dari minyak bumi ini juga yang membatu kehidupan manusia dalam melakukan banyak aktivitas sehingga manfaat minyak bumi dan gas alam sudah tak terhitung lagi.

PENYEBAB KELANGKAAN MINYAK BUMI
1.    Minyak bumi minim
2.    Kurangnya infrastruktur penyaluran bbm
3.    Adanya kuota bbm subsidi
4.    Pesatnya pertumbuhan masyarakat di suatu daerah
5.    Semakin banyaknya kendaraan sehingga berbanding terbalik terhadap bbm


CARA MELESTARIKAN MINYAK BUMI
1.    Menghemat pemakaiannya,
2.    Menciptakan Bahan bakar sehingga minya bumi dan cepat habis,
3.    Memakai Gas Bio karna selain dapat menghemat minyak bumi juga dapat melestarikan lingkungan


LOKASI PERSEBARAN MINYAK BUMI DI INDONESIA
1.    Cepu, Jawa Tengah
Salah satu daerah yang menghasilkan minyak bumi di wilayah Jawa Tengah adalah Cepu. Cepu ini terletak di Jawa Tengah bagian timur laut. Cepu juga termasuk salah satu kabupaten yang berbatasan dengan provinsi Jawa Timur.
2.    Wonokromo, Jawa Timur
Wilayah Wonokromo Jawa Timur ini mampu menghasilkan 52.616 barrel setiap harinya, dengan rincian 52.290 barrel minyak mentah dan 326 barrel kondensat. Wilayah Wonokromo mempunyai Blok Tuban, Kangean, Brantas, Cepu, Madura Barat, Bawan serta Gresik.
3.    Kepulauan Natuna, Riau
Kepulauan Natuna merupakan salah satu wilayah yang mampu menghasilkan minyak yang banyak. Kepulauan Natuna dapat menghasilkan 359.777 barrel minyak mentah dan 6.050 barrel kondensat setiap hari, sehingga keseluruhannya adalah 365.827 barrel. Terdapat 6 blok yang ada di wilayah Riau yakni Rokan, Mountain Front Kuantan, Siak, Selat Panjang, Coastal Plains, Pekanbaru dan Selat Malaka. Tmabng minyak ini dioperasikan oleh Pertamina, Chevron, Petrosea, Bumi Siak Pusako, Sarana Pembangunan Riau, Premier Oil, Conoco Philips, dan Star Energy.
4.    Sorolangun, Jambi
Sorolangun merupakan tambang minyak yang cukup kecil, yakni hanya mampu menghasilkan 19.506 barrel, dengan rincian 8.870 barrel kondensat dan 10.659 barrel minyak mentah.sorolangun merupakan ladang minyak terbesar ketujuh di Indonesia. Tambang minyak ini dikelola oleh Petrochina, Pearl Oil, dan Conoco Philips. Ketiganya mengelola blok Jabung, Bangko, Tungkal, serta Blok Jambi Selatan.
5.    Sungai Gerong, Sumatera Selatan
Tambang minyak selanjutnya adalah Sungai Gerong. Blok perminyakan yang ada di provinsi Sumatera Selatan ini antara lain Rimau, Lematang, Pendopo Raja, dan Ogan Komering. Semua tambang minyak ini dioperasikan oleh Pertamina, Medco, Talisman, Golden Spike dan Conoco Philips. Sungai Gerong ini setiap harinya mampu menghasilkan minyak sebanyak 30.718 barrel minyak mentah serta 10.339 barrel kondensat.
6.    Babo, Papua
Babo merupakan provinsi dengan wilayah terbesar di Indonesia, yakni 410.660 kilometer persegi. Wilayah ini mampu menghasilkan minyak sebanyak 140.660 barrel per harinya dengan rincian 6568 barrel kondensat dan 8243 barrel minyak mentah. Tambang minyak ini dikelola oleh Pertamina, Petrochina, dan British Petroleum.
7.    Sungai Paking, Riau
8.    Delta Sungai Brantas, Jawa Timur
9.    Majalaengka, Jawa Barat
10.    Lhokseumawe, Aceh
11.    Peureulak, Aceh
12.    Pulau Bunyu, Kalimantan Timur
13.    Pulau Tarakan, Kalimantan Timur
14.    Sungai Mahakam, Kalimantan Timur
15.    Dumai, Riau
16.    Kembatin, Kalimantan Tengah
17.    Pulau Seram, Maluku
18.    Pulau Tenggara, Maluku
19.    Tanjungpura, Sumatera Utara
20.    Plaju, Sumatera Selatan
21.    Klamono, Papua
22.    Sorong, Papua
Artikel Terkait
2 Comments
Tweets
Comments

{ 2 comments... read them below or add one }

Yosi said...

minyak bumu merupakan salah satu sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, semoga manusia bisa menemukan energi alternatif yang bisa diperbaharui sehingga bisa digunakan secara berkelanjutan

Pak wendi said...

Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah aku bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259 atau klik dibawah PESUGIHAN TAMPA TUMBAL .

Post a Comment