Pidato Singkat Tentang Adiwiyata

Posted by Rokhim al ayuby on Thursday, 12 March 2015


CONTOH PIDATO 1
Assalamu’alaikum Warahmatullahiwabaraqatu.
Yang saya hormati Bapak/Ibu Komite SMP Negeri 1 Gondang, Yang saya hormati Bapak Kepala SMP Negeri Gondang, Yang saya Hormti Bapak/Ibu dewan Guru, Staff Tata Usaha dan karyawan, serta kawan-kawan semua yang berbahagia.
    Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Subhanahuwata’ala karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul dengan keadaan sehat wal’afiat. Tak lupa juga salawat serta salam semoga tetap tercurahkan terhadap junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. Pada kesempatan yang baik ini saya akan menyampaikan beberapa hal penting yang ada kaitannya dengan kegiatan yang sedang ramai dibicarakan yaitu Adiwiyata.
Program ini belum cukup lama diberlakukan di sekolah ini tetapi syarat-syarat untuk menjadi sekolah Adiwiyata sudah diumumkan terutama tentang lingkungan hidup, dan lain-lain. Meskipun begitu beberapa lingkungan hidup di sekolah ini masih tetap tidak terawat , terutama di sudut-sudut sekolah ini. Harusnya masalah ini ditanggapi oleh pihak sekolah tetapi faktanya pihak sekolah malah membiarkan lingkungan hidup di sekolah tidak terawat, seolah-olah tidak tahu akan adanya masalah ini.
Saya menyimpulkan bahwa sekolah meremehkan hal ini, saya berani mengungkapkan hal ini karena memang sudah terbukti. Jika memang sekolah tidak meremehkan hal ini, pasti sudah ditanggapi dengan serius dari awal diadakannya program Adiwiyata. Bahkan jauh sebelum diadakannya program tersebut. Saya sebenarnya sangat kecewa dengan pihak sekolah, karena sudah menyia-nyiakan kesempatan yang bagus ini, bahkan kesempatan yang ditunggu-tunggu oleh sekolah lain.
Saya sangat-sangat mengharapkan agar pihak sekolah memperhatikan masalah yang menurut saya serius. Harusnya pihak sekolah terus menjaga lingkungan hidup di seluruh sekolah ini dan tidak hanya sehari atau dua hari.
Demikian masukan-masukan dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga saja masalah ini bisa segera teratasi dan saya juga meminta maaf apabila ada salah kata dari perkataan saya. 
Wabillahitaufiq Walhidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullahiwabaraqatu.


CONTOH PIDATO 2
Assalamualaikum Wr.wb
 Yang terhormat Bapak Kepala SMP Negeri 1 Gondang, Bapak atau Ibu Wakil Kepala SMP Negeri 1 Gondang, Bapak Ibu Guru, Staf Tata Urusan dan Karyawan, serta Teman-teman yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita ucapkan puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkat karunia-Nya dan limpahan rahmat-Nya kita dapat berkumpul dan bertemu disini dalam keadaan sehat wal’afiat tanpa kekurangan suatu apapun. Tak lupa sholawat serta salam tetap kami curahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW.
Bapak Ibu Guru yang saya hormati serta teman-teman yang berbahagia. Pada kesempatan kali ini, ada beberapa poin yang akan saya sampaikan. Yang pertama, bertepatan dengan sekolah kita yang sudah memasuki sekolah ADIWIYATA tingkat Provinsi. Maka dari itu marilah kita bersama-sama bekerja membangun dan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sejuk, aman dan nyaman dengan cara membuang sampah pada tempatnya, mengadakan kegiatan tanam-menanam dan rutin menyiram tanaman setiap pagi agar tercipta lingkungan yang bersih, sejuk, sehat dengan kehijauan tanaman-tanaman sekolah kita.  Selain itu kita juga harus bisa memilah antara sampah basah dan sampah kering, karena pihak sekolah telah menyediakan 2 macam tempat sampah, yaitu sampah organik yang berwarna hijau dan sampah an-organik yang berwana merah. Dari situ kita harus bisa membedakan mana sampah organik dan mana sampah an-organik. Karena nantinya sampah an-organik itu akan di daur ulang dengan menggunakan alat yang telah di sediakan oleh pihak sekolah. Maka dari itu kita bisa merasakan kesejukan dan kebersihan lingkungan sekolah kita. Selain untuk kebersihan lingkungan, kita harus peduli dengan kebersihan makanan dan tubuh kita. Makanan yang sehat adalah makanan yang tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh kita seperti pewarna buatan yang warna mencolok, pemanis buatan dan lain-lain. Untuk mendapatkan makanan yang seperti itu di sekolah kita telah menyediakan kantin ADIWIYATA yang sehat, bersih dan jujur. Semua makanan yang dijual di situ di jamin bersih dan tidak mengandung zat-zat yang berbahaya. Selain sehat, bersih, dan jujur, kantin kita juga di siplin karena setiap pembelian di kantin tersebut tidak menggunakan uang, melainkan menggunakan voucher. Maka dari itu tidak akan terjadi kecurangan antara penjual maupun pembeli. Peralatan yang di gunakan juga tidak ada yang menggunakan bahan yang terbuat dari plastik, semua hanya terbuat dari kaca dan kertas, untuk wadahnya dan pembungkus makanannya. Juga telah di sediakan tempat duduk untuk makan, agar di saat kita menikmati makanan kita juga merasakan kenyamanannya. Di sediakan pula washtafel agar tangan kita selalu bersih saat sebelum makan dan sesudah makan.
Yang kedua adalah tentang fasilitas sekolah. Pada peraturan sekolah pasal A12 dan B4 sudah terpapang jelas, bahwa kita di larang untuk merusak fasilitas sekolah dan akan di kenakan sanksi bagi setiap siswa yang melanggarnya. Namun masih banyak juga yang melanggarnya. Contohnya tembok-tembok sekolah kita, yang penuh dengan coret-coretan yang tidak enak di pandang, bangku-bangku yang rusak dan pintu-pintu kamar mandi yang jebol dan berlubang karena ulah kita. Jadi, sebagai siswa SMPN 1 Gondang yang baik, marilah kita jaga fasilitas sekolah kita, jangan malah merusaknya. Kita tinggalkan kebiasaan tangan jahil kita, dan gunakan tangan kita untuk memperbaiki dan menjaga sekolah kita.
Yang ketiga tentang taman di sekitar kita. Kita banyak menjumpai taman-taman yang berada di depan atau belakang kelas kita yang banyak di tanami tanaman, dan ada pula yang jarang di tanami tanaman. Walaupun ada beberapa taman kelas yang banyak di tanami tanaman, akan tetapi kebanyakan tanaman-tanaman itu layu, di injak-injak dan tidak tumbuh dengan sempurna. Maka dari itu mari kita adakan kegiatan tanam-menanam dan merawat tanaman kita dengan baik. Dan sebaiknya setiap pagi untuk semua siswa yang piket di haruskan menyiram tanaman-tanaman secara rutin agar tanaman itu tidak layu.
Teman-teman yang berbahagia, berbanggalah menjadi siswa-siswi SMPN 1 Gondang dan jagalah nama baik sekolah kita.
Demikian pidato yang bisa saya sampaikan, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya akhiri, wabillahi taufiq walhidayah.
Wassalamualaikum Wr.wb




CONTOH PIDATO 3

Assalamualaikum wr.wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
        Bapak kepala SMP Negeri 1 gondang yang saya hormati,bapak ibu dewan guru,staf tata usaha dan karyawan yang saya hormati,serta teman-teman dan adik-adik kelas ku semua yang saya cintai.
        Pada pagi hari ini marilah kita panjat kan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan ridho nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.Disini saya Safela AisahPutri dari kelas 9A, akan berpidato tentang sekolah Adiwiyata.
        Teman-teman dan adik-adik kelasku yang berbahagia,kalian semua pasti sudah mengetahui bahwa sebentar lagi sekolah kita akan menjadi sekolah Adiwiyata tingkat propinsi,maka dari itu kita wajib ikut serta dalam menjaga lingkungan sekitar sekolah tercinta ini.Menjaga lingkungan bisa dilakukan dengan banyak cara,misal nya membuang sampah pada tempat nya,menjaga kebersihan ruang kelas,menanam dan merawat tanaman disekitar kelas,dan masih banyak lagi cara-cara untuk menjaga lingkungan sekitar kelas.Terkadang cara-cara mudah seperti itu menjadi hal yang sulit bagi anak yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitar sekolah,padahal jika kita menjaga lingkungan sekitar sekolah,kita juga yang nantinya mendapat kan keuntungan.Jika lingkungan sekitar kita bersih dan indah,maka kita menjadi bersemangat untuk pergi kesekolah dan belajar di ruang kelas.Meskipun semua siswa dan siswi di sekolah kita ini sudah mengetahui bahwa sekolah kita sebentar lagi menjadi sekolah Adiwiyata tingkat propinsi, tapi banyak dari mereka yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitar.saat ini masih banyak anak yang membuang sampah sembarangan,padahal sekolah sudah memfasilitasi setiap kelas dengan 2 buah sampah,yaitu sampah organik dan sampah non organik.tidak hanya masalah sampah,siswa dan siswi di sekolah kita ini juga tidak peduli terhadap kebersihan ruang kelas nya,yang peduli hanya beberapa dari mereka saja.padahal seharus nya setiap siswa harus mau menjaga dan merawat sekitar ruang kelas masing-masing.Semua warga sekolah dilibatkan untuk menerapkan usaha-usaha tersebut tanpa terkecuali, begitu juga seluruh warga sekolah pun menjalankan usaha-usahanya sesuai wewenang dan fungsinya masing –masing. Dengan adanya program Adiwiyata diharapkan siswa maupun warga sekolah yang lainya mampu menumbuhkan karakter bangsa yang bersih dan bebas dari sampah.Karakter Bangsa yang bersih dan bebas dari sampah sangat dibutuhkan Negara Indonesia untuk menjadikan Indonesia Negara yang maju.
        Selain kebersihan,sekolah Adiwiyata juga dinilai dari kerindangan lingkungan sekolah tersebut.Rindang nya lingkungan sekolah dipengaruhi oleh banyak nya tumbuhan hijau yang tumbuh subur di lingkungan sekitar sekolah.Jika kita ingin sekolah kita tercinta ini menjadi sekolah Adiwiyata,maka kita harus mau merindangkan lingkungan sekitar sekolah.Untuk merindangkan lingkungan sekolah,maka kita harus melakukan penghijauan.Penghijauan dilakukan dengan cara menanam pohon sebanyak banyak nya di lahan yang kosong yang ada sekitar sekolah kita ini.Setelah kita menanam nya,maka kita juga harus mau merawat dan menjaga nya.Karena sia-sia saja kita melakukan penanaman,jika kita tidak mau melakukan perawatan. Pemerintah sudah memiliki banyak upaya untuk menyelesaikn permasalahan seperti ini, salah satunya adalah sistem menanam seribu pohon, tanam pohon 1 orang 1. Namun seiring dengan semakin bertambahnya jumlah kendaraan yang ada, dan perkembangan itu jauh lebih besar dengan jumlah pohn yang ada,dampak nya adalah polusi yang sekarang ada dimana-mana. Untuk itu, marilah kita terus merawat dan juga menjaga bumi ini aga tetap bisa dinikmti oleh para keturunan dan juga anak cucu kita.Mari Kita memulai semuanya dari diri kita masing – masing. dari keluarga kita dan juga dari linkungan kita masing - masing Karena, apa yang telah kita lakukan dari diri kita sendiri akan dapat mengispirasi diri orang yang berada di sekitar kita. sehingga mereka bisa ikut beerpartisipasi dalam menjaga bumi dan alam. jika kita bisa mengispirasi orang banyak pastinya akan ada kebanggaan tersendiri, karena telah mengajak orang lain untuk menjaga bumi kita ini.Disekolah kita ini setiap 1 bulan sekali mengadakan kegiatan jum’at bersih.Pengadaan kegiatan jum’at bersih ini bertujuan untuk menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan rindang.Kegiatan jum’at bersih biasanya dilakukan dengan cara membersihkan ruang kelas dan sekitar nya,kemudian juga melakukan penanaman dan perawatan tanaman di sekitar kelas.Tapi tidak semua siswa melakukan kegitan ini,karena banyak anak yang tidak peduli.Jadi hanya beberapa dari mereka yang ikut melakukan kegiatan jum’at bersih ini.
        Teman-teman dan adik-adik kelas ku yang saya cintai,maka dari itu kita harus ikut berpartisipasi untuk menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan rindang.Karena jika kita melakukan hal-hal yang positif,kita juga mendapat kan banyak keuntungan yang positif pula.Setelah kita melakukan perawatan terhadap lingkungan sekolah,kita akan menjadi bersemangat berangkat ke sekolah untuk menuntut ilmu,karena jika sekolah kita bersih,indah,dan rindang akan sedap di pandang mata.
        Saya berharap semoga pidato yang saya sampaikan tadi tidak hanya didengar saja,tapi juga harus di lakukan.Karena hal-hal saya sampaikan tadi sangat penting dilakukan jika kita ingin sekolah kita tercinta ini menjadi sekolah Adiwiyata.
        Demikian pidato yang dapat saya sampaikan,kurang lebih nya saya mohon ma’af.Sampai disini, saya akhiri
Wassalamualaikum wr.wb.
Artikel Terkait
0 Comments
Tweets
Comments

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment