BEBERAPA CONTOH TEKS SINGKAT PEMBAWA ACARA (MC) ACARA HARI NASIONAL

Posted by Rokhim al ayuby

Contoh Teks Pembawa Acara (MC)

CONTOH 1


Assalaamu 'alaikum Wr. Wb.
Bapak Lurah beserta Ibu yang kami hormati.
Para Ketua RW, Ketua RT, tokoh masyarakat yang kami hormati.
Bapak-bapak, Ibu-ibu, saudara-saudara sekalian yang kami hormati.
Rekan-rekan Karang Taruna Panitia Agustusan dan adik-adik yang kami cintai.

Alhamdulillah, kita bisa berkumpul bersama di sini, untuk memperingati dan merayakan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Atas nama Panitia Penyelenggara, kami mengucapkan terima kasih atas kehadirin bapak-bapak, ibu-ibu, dan semua yang hadir di sini untuk memeriahkan acara Agustusan tingkat Kelurahan <Nama Kelurahan>

Hadirin yang kami hormati... Rangkaian acara yang akan kita ikuti dalam Perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini sebagai berikut:
1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, diteruskan dengan mengheningkan cipta
3. Sambutan-sambutan
4. Penyerahan Hadiah
6. Penutup/Do'a
7. Hiburan

Acara pertama, pembukaan, mari kita bersama-sama membuka acara ini dengan ucapan basmalah... Bismillahirrohmaanirrohim....

Kita lanjutkan ke acara berikutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Hadirin kami persilakan untuk berdiri....

Yang bertindak sebagai konduktor atau dirigen adalah rekan kami, Saudara <Nama>. Kepada <Nama> kami persilakan...! 
<Menyanyikan Lagu Indonesia Raya>

Hadirin yang kami hormati... Untuk mengenang jasa para pahlawan, marilah kita sejenak mengheningkan cipta, berdo'a kepada Allah, semoga arwah para pahlawan mendapat tempat di sisi-Nya.

Mengheningkan cipta, mulai...!
<Mengheningkan Cipta, Posisi Hadirin Masih Berdiri>

Selesai! Hadirin kami persilakan duduk kembali...

Hadirin yang kami hormati, acara selanjutnya sambutan-sambutan.

Sambutan pertama oleh Ketua Panitia Penyelenggara, yaitu <Nama Ketua Panitia>. Kepada <Nama Ketua Panitia> kami persilakan...!

<Sambutan Ketua Panitia>
Terima kasih <Nama Ketua Panitia>.... Sambutan kedua oleh Bapak Lurah <Nama Lurah>. Kepada Pak Lurah, silakan, Pak....!

<Sambutan Lurah>
Terima kasih, Pak Lurah.
Selanjutnya penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba-lomba HUT RI tahun ini. Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan dipimpin langsung Ketua Panitia. Kepada <Nama Ketua Panitia> kami persilakan....

<Pengumuman dan Penyerahan Hadiah>

Selamat kepada para pemenang.... Semoga hadiahnya bermanfaat...

Hadirin yang kami hormati, setelah ini kita akan saksikan acara hiburan. Banyak sekali yang akan tampil dan memeriahkan acara Agustusan kita kali ini.

Namun sebelumnya, kita tutup dulu acara resmi peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini dengan Pembacaan Doa, yang akan dipimpin Ketua MUI Kelurahan <Nama Kelurahan>, yaitu Bapak Kiai Haji <Nama Ketua MUI>.

Kepada Pak Kiai, kami persilakan....! 
<Pembacaan Doa>

Amin Ya Robbal 'Alamin....  Terima kasih Pak Kiai....

Hadirin yang berbahagia, saatnya kita menikmati berbagai hiburan pada acara perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini.


CONTOH 2

Assalaamu 'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan selamat sejahtera, dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, marilah kita bersama-sama berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena dengan rahmat Nyalah kita semua bisa hadir bersama-sama di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Atas nama panitia, kami terima kasih kepada hadirin, yang telah dengan tulus ikhlas menyempatkan diri hadir dalam rangka ikut bersama-sama memeriahkan, memperingati HUT KEMERDEKAAN RI. Semoga amal baik Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin semuanya itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin! Hadirin yang kami muliakan, untuk memanfaatkan waktu baiklah segera saja kami bacakan susunan acara pagi hari ini, sebagai berikut :
1. Pembukaan
2. Menyanyikan lagu INDONESIA RAYA
3. Sambutan Bapak Ketua Panitia
4. Sambutan Bapak Ketua RT
5. Pembagian hadiah
6. Pembacaan doa
7. Acara hiburan, dan
8. Penutup

Demikianlah susunan acara tersebut, berikutnya akan dilanjutkan oleh rekan saya, saudara Michael Kevin.
Terima kasih, Selanjutnya marilah kita sama-sama masuk ke acara berikutnya, yakni acara kedua ialah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dimohon kepada hadirin sekalian untuk berdiri.
*****ACARA MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA *****

 ya, marilah kita sama-sama masuk ke acara berikutnya, yakni acara ketiga, ialah Sambutan Bapak Ketua Panitia.
***** SAMBUTAN KETUA PANITIA *****

Terima kasih bapak ketua panitia, berikutnya akan dilanjutkan oleh rekan saya, Ivan Guntur.
Terima kasih, untuk rekan Michael Kevin, acara berikutnya ialah sambutan Bapak Ketua RT selaku tamu kehormatan kita. Yang kami hormati, Bapak Ketua RT, kami persilahkan!
***** SAMBUTAN BAPAK KETUA RT*****

Demikian hadirin, sambutan Bapak ketua RT, semoga kita semuanya mampu melaksanakan semua himbauan yang disampaikan Bapak Ketua RT tadi.
 Untuk acara berikut, kami serahkan sepenuhnya kepada rekan saya Aida Setyowati. Kami persilahkan!
Hadirin yang kami hormati, acara berikutnya ialah pembagian hadiah. Pembagian hadiah ini merupakan hasil lomba yang diselenggarakan oleh adik-adik sekalian, yang dengan sukses ikut partisipasi secara aktif memeriahkan lomba HUT Kemerdekaan RI ini.
***** ACARA PEMBAGIAN HADIAH*****

Acara demi acara telah kita lampaui. Sebelum menuju ke arah puncak, baiklah kita ikuti dahulu acara pembacaan doa, yang dalam hal ini akan dipimpin oleh Ketua RT selaku bapak kehormatan kami. Untuk itu kami persilahkan!
 ***** ACARA PEMBACAAN DOA *****

Terimakasih kepada bapak Ketua RT yang telah membacakan ayat suci al-qur’an.
Hadirin yang kami hormati, tibalah sekarang pada acara yang kita tunggu-tunggu bersama, ialah acara hiburan yang akan ditampilan oleh adik-adik remaja desa kita. Untuk itu kami persilahkan hadirin mengikutinya sambil duduk santai dan menikmati hidangan yang telah kami sediakan.
Untuk acara hiburan, inilah ananda_______ . Kami persilahkan!

***** ACARA HIBURAN*****

Kami mohon maaf jika seluruh acara malam ini masih belum sempurna dan terdapat hal - hal atau kata - kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.
Dalam kesempatan terakhir ini sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada hadirin. Semoga puas dan berbahagia menikmati acara pagi hari ini.
Wabillahi taufiq wal hidayah,
Wassalamualaikum Wr. Wb.

CONTOH 3

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bapak Kepala Sekolah SMPN 1 Gresik beserta dewan guru yang kami hormati. Teman-teman pelajar SMPN 1 Gresik yang tercinta. Hari ini tepatnya tanggal 2 Mei seluruh bangsa Indonesia tentu saja memperingati hari Pendidikan Nasional sebagaimana kita memperingati di lapangan depan sekolahan kita pada pagi hari ini. Memang peringatan hari-hari besar baik hari besar Islam maupun hari besar Nasional di sekolahan kita biasa diadakan peringatan. Oleh karena itu, kami mengajak semua siswa untuk mengikuti acara peringatan ini sampai selesai.

Kami sebagai pembawa acara langsung saja kami bacakan rangkaian acara yang akan kita laksanakan pada pagi hari ini. Adapun acara yang sudah tersusun adalah sebagai berikut.
1.Pembukaa (yang baru saja kami buka).
2.Pembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an
3.Sambutan-sambutan
a Prakata Panitia
b Sambutan ketua OSIS
c Sambutan bapak sekolah
4.Istirahat
5.Pembagian hadiah
6.Do'a bersama
7.Penutup
Demikian acara yang akan kita ikuti bersama, sebelum acara lebih lanjut, marilah acara kita buka dengan bacaan basmalah:Bismillahirrahmanirrahim. Mudah-mudahan dengan bacaan tadi akan membawa kelancaran pada acara siang hari ini. Menginjak acara selanjutnya yaitu pembacaan ayat-ayat Al Qur'an, dalam hal ini akan dibacakan oleh teman kita Idayanti, kepadanya kami persilahkan!

*PEMBACAAN AYAT-AYAT SUCI AL QUR'AN*

Terima kasih kami ucapkan kepada Idayanti yang baru saja membacakan ayat-ayat Al Qur'an. Menginjak acara berikutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama yang akan disampaikan Prakata panitia kepada teman kita Erwin dipersilahkan!

*SAMBUTAN ATAS NAMA PANITIA*

Terima kasih kami sampaikan kepada saudara Erwin yang telah memberikan sambutan atas nama panitia pelaksana. Menginjak acara berikutnya adalah sambutan ketua OSIS, dalam hal ini akan disampaikan oleh: Siswanto, kepadanya kami persilahkan!

*SAMBUTAN KETUA OSIS*

Terima kasih kami sampaikan kepada Siswanto yang telah memberikan sambutan sebagai ketua OSIS. Mudah-mudahan yang telah disampaikan tadi membawa manfaat kepada kita semua. Menginjak sambutan yang terakhir adalah sambutan dari ibu kepala sekolah SMPN 1 Gresik, kepada yang terhormat Dra. Ibu Sri Wahyuni kami persilahkan!

*SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH*

Terima kasih kami sampaikan kepada ibu kepala sekolah yang telah memberikan penjelasan tentang pendidikan anak. Mudah-mudahan yang disampaikan tadi membawa manfaat yang banyak kepada kita semua sehingga kita sebagai siswa benar-benar mau melaksanakan kewajiban dalam aktifitas sehari-hari. Menginjak acara berikutnya, adalah istirahat dalam acara ini akan diisi dengan acara tamah-tamah.

Oleh karena itu kami sampaikan teman-teman panitia konsumsi agar menyiapkan hidangan ala kadarnya!

*ISTIRAHAT*

Kami kira sudah cukup acara istirahat, dalam acara tersebut, bila terdapat sesuatu yang kurang berkenan di hati, kami atas nama panitia minta maaf yang sebesar-besarnya. Kini kita ikuti acara yang ditunggu-tunggu, yaitu pentas seni yang akan ditampilkan berbagai ragam kesenian mulai dari kelas satu hingga kelas tiga murid SMPN 1 Gresik. Untuk memeriahkan acara tersebut marilah kita beri semangat dengan tepuk tangan bersama. Saksikanlah-saksikanlah acara pentas seni akan segera dimulai, sekali lagi bertepuk tangan bersama!

*PENTAS SENI*

Demikianlah persembahan dari masing-masing kelas yang telah menghibur kita semua, dalam rangka peringatan hari besar Nasional, yaitu hari Pendidikan Nasional. Semoga persembahan tadi bisa sebagai refresing yang selama ini kita forsirkan fikiran ita terhadap pelajaran. Dan terima kasih banyak kami sampaikan kepada teman-teman yang berkenan memberikan hiburan kepada para hadirin.

Menginjak acara berikutnya, yaitu berdo'a dalam hal ini akan disampaikan oleh bapak guru agama islam, dalam hal ini akan disampaikan oleh yang terhormat bapak Drs. Saiful Anam, kepada beliau kami persilahkan!

*DO'A BERSAMA*

Mudah-mudahan do'a yang kita persembahkan tadi senantiasa diterima Allah SWT, amiin. Kiranya usai sudah acara yang kita laksanakan pada pagi hari ini, kami sebagai pembawa acara bila terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati bapak guru, maupun ibu guru sekalian, serta kepada teman-teman, sudilah kiranya untuk memaafkan. Billahitaufiq wal hidayah.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

CONTOH 4

assalamualaikum Wr. Wb
Peringatan HUT Kemerdekaan RI
Yang kami hormati Bapak Lurah Cakranegara Selatan,
Bapak-bapak ketua RW Cakranegara selatan,
Ibu-ibu, Bapak-bapak serta hadirin yang berbahagia.
Selamat siang dan salam sejahtera. Dengan mengucapkan syukur, marilah kita bersama-sama berterima kasih kepada Tuhan yang MahaEsa, karena dengan anugerah-Nyalah kita semua bisa hadir bersama-sama di tempat ini dalam keadaan sehat.

Atas nama panitia kami menyampaikan terima kasih kepada hadirin, yang dengan tulus ikhlasmenyempatkan diri menghadiri undangan kami dalam rangka ikut bersama-sama memeriahkan, memperingati hari besar nasional, hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 Yang kita cinta bersama ini. Semoga amal baik Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin semuanya itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Tuan yang Maha Kuasa. Amin.

Hadirin yang kami muliakan, untuk mempersingkat waktu segera saja kami bacakan susunan acara siang ini sebagai berikut :
1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3. Mengheningkan cipta
4. Sambutan Bapak Ketua Panitia
5. Sambutan Bapak Lurah
6. Pembagian hadiah
7. Pembacaan doa
8. Acara hiburan, dan
9. Penutup

Demikianlah susunan acara tersebut, selanjutnya marilah kita bersama-sama masuk ke acara berikutnya, yakni acara kedua ialah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Untuk itu rekan kami saudara Iwan kami persilahkan memimpinnya, dan hadirin kami persilahkan untuk berdiri.

*****ACARA MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA *****

Terima kasih, hadirin kami persilahkan agar tetap berdiri sejenak, sementara itu Saudara Iwan akan memimpin acara mengheningkan cipta. Kami persilahkan.

***** ACARA MENGHENINGKAN CIPTA *****

Terima kasih, hadirin kami persilahkan duduk. Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan hadirin yang berbahagia, tibalah sekarang acara berikutnya, yakni sambutan-sambutan. Sambutan pertama ialah dari Bapak Ketua Panitia peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 kepada Bapak Muntohar kami persilahkan.

***** SAMBUTAN BAPAK KETUA PANITIA *****

Terima kasih, acara selanjutnya adalah sambutan Bapak Lurah. Untuk itu segera kami berikan kesempatan ini kepada Bapak Lurah.  Yang kami hormati Bapak Lurah kami persilahkan.

***** SAMBUTAN BAPAK KEPALA DESA *****

Demikian hadirin sambutan oleh Bapak Lurah, semoga kita semuanya mampu melaksanakan semua himbauan yang disampaikan Bapak Lurah tadi. Hadirin yang kami hormati, acara selanjutnya ialah pembagian hadiah. Pembagian hadiah ini merupakan hasil lomba yang diselenggarakan oleh organisasi Karang Taruna disini, yang dengan sukses ikut berpartisipasi secara aktif memeriahkan peringatan ulang tahun kemerdekaan ini. Untuk itu acara berikut kami serahkan sepenuhnya kepada Ketua Karang Taruna, yakni Irawan. Ialah pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. Segera saja, kami persilahkan.

***** ACARA PEMBAGIAN HADIAH OLEH KARANG TARUNA *****

Acara demi acara telah kita lampaui. Sebelum menuju ke acara puncak, baiklah kita ikuti dahulu acara pembacaan doa, yang akan dipimpin oleh Bapak Gunawan. Kepada Bapak Gunawan kami persilahkan.

***** ACARA PEMBACAAN DOA *****

Terima kasih, kepada Bapak Gunawan. Hadirin yang kami hormati, tibalah sekarang pada acara yang kita tunggu-tunggu bersama, ialah acara hiburan yang akan ditampilkan oleh anak-anak remaja di desa ini. Untuk itu kami persilahkan hadirin mengikutinya sambil duduk santai dan menikmati hidangan yang telah kami sediakan. Sepenuhnya acara ini segera saja kami serahkan kepada pemandu acara kita.

Atas nama panitia, kami mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan di acara siang ini. Dalam kesempatan terakhir ini sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada hadirin. Semoga bisa puas dan berbahagia dalam menikmati acara siang ini. Untuk acara hiburan, telah kami persiapkan, Inilah beberapa tarian tradisional daerah Lombok.

***** ACARA HIBURAN, DITERUSKAN DENGAN PENUTUP *****

Artikel Terkait
0 Comments
Tweets
Comments

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment