KOMODO (Habitat, Ciri-Ciri, Manfaat, Reproduksi)

Posted by Rochim


HABITAT
Komodo sangat langka dan di alam liar ditemukan hanya di lima pulau, yaitu: Kepulauan Komodo, Rinca, Gili Montang dan Gili Dasami – semua berada dalam Taman Nasional Komodo – dan pulau Flores, di mana Komodo menjelajah dengan bebasHabitat kadal bisa apa saja dari hutan tropis kering, sabana sampai sebuah hutan musim gugur. Tidak peduli di mana mereka tinggal, Komodo menyukai panas yang ekstrim. Hal ini biasanya sekitar 95 derajat Fahrenheit (35 derajat Celcius) dengan 70 persen kelembaban di pulau Indonesia.

CIRI-CIRI
Komodo adalah kadal terbesar yang hidup di dunia. Mereka diidentifikasi oleh ukuran besar mereka, kepala datar, kaki bengkok dan panjang, ekor tebal.
Nama berasal dari rumor bahwa makhluk seperti naga hidup di pulau Komodo Indonesia. Masyarakat setempat menyebutnya “ora,” atau “buaya darat.”
Ukuran rata-rata komodo jantan adalah 8 sampai 9 meter dan sekitar 100 kg, Betina tumbuh sampai 6 kaki (1,8 m). Komodo memiliki berbagai warna, termasuk biru, oranye, hijau dan abu-abu. Kulit mereka kasar dan tahan lama, diperkuat dengan lempeng tulang yang disebut osteoderms.
Mereka memiliki cakar yang panjang dan besar, serta ekor yang berotot.
Komodo memiliki penglihatan yang baik; mereka dapat melihat benda-benda sejauh 985 kaki (300 m), menurut Zoo Smithsonian. Mereka juga cepat. Mereka dapat berlari hingga 13 mph (20 kph) tetapi lebih memilih untuk berburu secara sembunyi-sembunyi – menunggu berjam-jam sampai mangsa melintasi jalan mereka.

MANFAAT
Kulitnya bisa digunakan sebagai seni untuk membuat kerajinan tetapi komodo janganlah di buru melainkan peliharalah karna komodo hampir punah.

REPRODUKSI
Komodo bereproduksi secara seksual. Mereka mencapai kematangan seksual pada usia sekitar 5 tahun dan berkembang biak selama bulan Juli sampai September. Periode mengerami telur adalah 8 bulan.
Artikel Terkait
4 Comments
Tweets
Comments

{ 4 comments... read them below or add one }

Unknown said...

Thank you for a information.πŸ˜‰πŸ™
Maybe you can help another people. I hope so. Thank you ☺πŸ˜„πŸ˜‰

Unknown said...

Sangat tepat jawabannya
Jawabannya sangat membantuπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜πŸ˜✨πŸŒˆπŸ‘‘

clara wijaya said...

Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
Kesempatan Menang Lebih Besar,
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

KKN UNILA Periode I Tahun 2024 Desa Simpang Pematang said...

Izin memakai gambar untuk keperluan

Post a Comment