Korelasi antara DNA dan RNA

Posted by Rochim

kali ini saya coba untuk membahas Materi Biologi Kelas XII tentang bagaimana kolerasi  antara DNA dan RNA. berikut penjelasannya :


DNA dan RNA adalah asam nukleat yang memainkan peran pelengkap dalam sel hidup. Proses transkripsi mentransfer informasi genetik sel antara DNA dan RNA. Translasi adalah proses dimana sel menggunakan RNA untuk membuat protein penting. Asam deoksiribonukleat (DNA) terdapat dalam inti sel dan selalu hadir. Salah satu jenis asam ribonukleat (RNA) merupakan bagian dari struktur ribosom, sedangkan dua jenis RNA hanya hadir dalam sel ketika mereka sedang digunakan untuk membuat protein baru.

DNA beruntai ganda membentuk kromosom sel. Gen adalah bagian dari DNA agar kode untuk sifat-sifat tertentu dalam organisme. Pada tingkat sel, gen memberitahu sel untuk membuat protein tertentu. DNA dan RNA bekerja sama untuk memproduksi protein ini menggunakan kode genetik sel.

Dalam transkripsi, enzim yang disebut RNA polimerase menggunakan gen dalam DNA sebagai template untuk membuat untai RNA (mRNA). RNA polimerase pada dasarnya membuka ritsleting bagian dari DNA yang akan disalin, sehingga sementara dalam dua alur tunggal. Kemudian polimerase membaca molekul dasar DNA dan menciptakan untai mRNA menggunakan molekul basa komplementer.

DNA dan RNA masing-masing memiliki empat molekul dasar, dari yang tiga adalah sama. DNA mengandung adenin (A), guanin (G), timin (T), dan sitosin (C). RNA juga mengandung basa A, G, dan C, tetapi memiliki urasil (U) sebagai pengganti timin. Dalam DNA, A berikatan dengan T, dan G berikatan dengan C. Ketika polimerase RNA menciptakan untai RNA berdasarkan template DNA, untai mRNA akan memiliki A di mana DNA memiliki T; U dimana DNA memiliki A; G mana DNA memiliki C, dan C dimana DNA memiliki G.

Translasi terjadi di ribosom sel, di mana ribosom RNA (rRNA) berada. Sel menggunakan mRNA dan RNA transfer (tRNA) untuk membuat asam amino, yang kemudian digunakan untuk membentuk protein. Ada 20 asam amino esensial, yang masing-masing diwakili oleh bagian 3-basa mRNA disebut kodon. Helai tRNA spesifik ada untuk sesuai dengan masing-masing kodon, dan setiap segmen tRNA membawa asam amino.

Sebuah ribosom, yang terdiri dari rRNA dan protein, menempel pada sebuah untai mRNA. Segmen dari tRNA yang sesuai dengan masing-masing kodon pada mRNA untai juga melampirkan untuk itu. Seperti ikatan tRNA dengan mRNA, asam amino yang dibawa oleh tRNA mengikat satu sama lain untuk mulai membentuk rantai asam amino baru.

sumber : sridianti
Artikel Terkait
0 Comments
Tweets
Comments

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment