MAKALAH NILAI DAN MORAL

Posted by Ockym al ayuby on Monday, 24 December 2012






DAFTAR ISI

Kata Pengantar........................................................................................................................... i
Daftar isi..................................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang................................................................................................................... 1
BAB II  PEMBAHASAN
A.    Contoh Nilai dan Norma yang dapat diperoleh disekolah................................................. 2
B.     Perbedaan antara nilai dan norma yang dipelajari di sekolah............................................ 2
C.     Fungsi dan Manfaat nilai dan norma................................................................................. 3
D.    Sosialisasi yang dilakukan oleh guru agar nilai dan norma dapat diterima
dengan baik oleh anak................................................................................................................ 4
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan......................................................................................................................... 5
B.     Saran.................................................................................................................................. 5
Daftar Pustaka............................................................................................................................ 6


KATA PENGANTAR

            Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat ALLAH swt. Tuhan yang maha esa, yang telah memberikan rahmat dan petunjuknya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan tema “NILAI dan NORMA dalam lingkungan sekolah”. Makalah ini kami susun berdasarkan penelitian langsung ke lapangan (sekolah), referensi dari beberapa buku dan media Internet.

            Di dalam penyusunan makalah ini, terdapat sedikit masalah yang kami hadapi. Tetapi berkat bantuan dan kerja sama serta kekompakan anggota kelompok ini, sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu.

            Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini sangat jauh dari harapan dan kesempurnaan, namun demikian, kami telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Oleh karenanya, dengan rendah hati dan tangan terbuka, kami mohon kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah ini.

            Sekian dan terima kasih. Wassalam.


BAB I
PENDAHULUAN

A.          LATAR BELAKANG
Nilai dan norma sosial sangatlah penting terutama dilingkungan sekolah. kami membahasnya dalam contoh-contoh dan untuk membuat pembaca memahami isi dari makalah ini akan kami perjelas dengan apa yang kami pahami dalam pelajaran ini. Dari contoh-contoh yang kami angkat dan kami tuliskan dalam makalah ini adalah yang sering terjadi dilingkungan sekolah. 
Kata nilai dan norma tidak asing lagi bagi telinga kita. Sesuatu yang berharga yang ingin diraih manusia yaitu nilai. Sedangkan norma dipahami sebagai aturan yang berlaku didalam masyarakat yang disertai sanksi bagi individu atau kelompok bila melanggar aturan tersebut. Nilai dan norma sangat diperlukan untuk membangun karakter yang baik dalam masyarakat terutama dalam lingkungan sekolah.
Oleh karena itu, Nilai dan norma adalah dua kata yang sangat dibutuhkan dalam berbagai Lingkungan dan tindakan dimana saja di seluruh penjuru dunia ini.


BAB II
PEMBAHASAN

Nilai dan norma yang ada di lingkungan sekolah sangatlah banyak.
Berikut adalah hasil analisis nilai dan norma yang diperoleh dari lingkungan sekolah.
A.    Contoh nilai dan norma yang dapat diperoleh disekolah
NILAI
v  Berlaku sopan kepada yang lebih tua
v  menghargai yang lebih muda
v  menghormati guru
v  bertanya dengan sopan jika belum memahami materi yang disampaikan oleh guru
v  saling menyayangi dan menghargai antar siswa
v  tidak menyontek saat ulangan
v  memperhatikan materi yang diterangkan oleh guru
v  menjunjung tinggi kejujuran dalam bergaul dengan sesama
NORMA
v  mematuhi peraturan yang ada di sekolah
v  saling tolong menolong antar teman
v  memperhatikan guru disaat guru menerangkan
v  membuang sampah pada tempatnya
v  menjaga kebersihan sekolah
v  mengucapkan salam bila bertemu guru
v  menghormati guru
v  menjaga nama baik sekolah guru dan teman
v  ikut menjaga fasilitas yang dimiliki sekolah
v  melerai saat teman yang sedang berkelahi
v  berpakaian rapi saat disekolah sesuai dengan aturan yang ditetapkan
v  tidak membuat kekacauan disekolah
v  datang ke sekolah dengan tepat waktu


B.     Perbedaan antara nilai dan norma yang dipelajari disekolah
Perbedaan antara nilai dan norma yang dipelajari disekolah adalah Sesuatu yang berharga yang ingin diraih seseorang yaitu nilai. Nilai sebagai konsepsi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar siswa/i mengenai hal-hal yang harus mereka anggap penting dalam kehidupan terutama di lingkungan sekolah ini. Biasa juga di definisikan sebagai konsep umum mengenai sesuatu yang ingin dicapai serta memberikan arah tindakan-tindakan mana yang harus diambil.
Sedangkan norma di sekolah dapat dipahami sebagai aturan yang berlaku didalam lingkungan sekolah yang disertai sanksi bagi siswa/siswi bila melanggar aturan tersebut. Sanksi dapat berupa teguran, denda, maupun hukuman fisik. Norma juga dapat diartikan sebagai kaidah yang berisi perintah dan larangan yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan untuk mengatur perilaku manusia agar tercapai ketertiban dan kedamaian. Norma sangat dibutuhkan untuk mewujudkan nilai-nilai sosial.
Dengan demikian, nilai dan norma mempunyai saling ketergantungan antar sesama layaknya manusia sebagai makhluk sosial.
C.     Fungsi dan manfaat nilai dan norma
Fungsi nilai dalam Lingkungan sekolah yang mencakup semua contoh-contoh diatas secara garis besarnya dapat uraikan sebagai berikut:
v  Sebagai Faktor pendorong dan sekaligus menuntun menuntut manusia untuk berbuat baik.
v  Sebagai petunjuk arah.
v  Sebagai benteng perlindungan.
v  Sebagai alat solidaritas atau pemersatu.
v  Sebagai alat pengawas dengan daya tekan dan pengikat tertentu.
Dan manfaat nilai bagi siswa/siswi disekolah adalah dapat dijadikan petunjuk arah bersikap dan bertindak, pengontrol sikap dan tindakan siswa/i, serta memotivasi para siswa/i untuk menuju arah tindakan yang positif dan di nilai baik di kalangan masyarakat dan lingkungan sekitar.
Sedangkan Fungsi norma dalam lingkungan sekolah secara garis besar adalah sebagai berikut:
v  Sebagai aturan atau pedoman tingkah laku dalam masyarakat.
v  Sebagai alat untuk menertibkan dan menstabilkan kehidupan sosial.
v  Sebagai sistem kontrol sosial dalam masyarakat.
Manfaat norma dalam lingkungan sekolah adalah dengan adanya norma kita dapat mengerti tindakan apa yang pantas dilakukan dan tindakan apa yang tidak boleh/ tidak pantas untuk dilakukan.
D.    Sosialisasi yang dilakukan guru agar nilai dan norma dapat diterima dengan baik oleh anak
Sosialisasi yang dilakukan guru agar nilai dan norma dapat diterima dengan baik oleh anak didiknya adalah dengan memberikan pembelajaran dan pembiasaan terhadap anak didiknya mengenai nilai-nilai dan norma-norma yang ada dalam masyarakat terutama dilingkungan sekolah sehingga para siswa/i dapat menjadi bagian dari masyarakat dan juga bagian dari lingkungan sekolah. Oleh Karena nilai dan norma juga dipelajari individu dari lembaga pendidikan tempat seseorang menuntut ilmu.
BAB III
PENUTUP

A.        KESIMPULAN
Selain contoh-contoh diatas. Masih banyak lagi contoh nilai dan norma yang diterapkan disekolah. Namun kami belum menggalinya dengan mendalam. Sebagai kesimpulan, nilai dan norma merupakan hal yang sangat penting terutama dilingkungan sekolah karena nilai dan norma menjadi sesuatu yang berharga untuk mencapai ketertiban dan kedamaian.

B.         SARAN
Sebagai seorang pelajar sebaiknya kita berperilaku baik di dalam maupun diluar lingkungan sekolah. Karena nilai dan norma adalah patokan seseorang untuk menjadi lebih baik. Dengan diterapkannya perilaku yang sesuai dengan ajaran nilai dan norma, maka akan terbentuk pribadi yang baik dan diterima di masyarakat.


DAFTAR PUSTAKA

TimDosenSosiologiUNY.2004.Sosiologi.kelasX.Yogyakarta:SAKAMITRAKOMPETENSI
TimCreativeMaestro.2011.sosiologi.kelasX.semester1.Klagen:CV.HasanPratama
sumber.artikel.dari.Internet
sumber-sumber.bacaan.lainnya
menurut.pemikirandanpendapat.dari.masing-masing.anggota
http://ockym.blogspot.com/2012/12/makalah-nilai-dan-moral.html

Artikel Terkait
0 Comments
Tweets
Comments

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment