Makalah Tahu Susu

Posted by Ockym al ayuby on Tuesday, 25 January 2011

PEMANFAATAN SUSU SEGAR DALAM PEMBUATAN
TAHU SUSU

A.    Latar Belakang
Susu pada umumnya hanya dikonsumsi atau diolah sebagai minuman. Padahal susu banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah dapat diolah sebagai bahan dari pembuatan tahu susu. Maka dari itu saya ingin meneliti apakah susu memang benar – benar dapat diolah menjadi tahu susu. Menurut buku yang saya pelajari, susu bisa dibuat menjadi tahu susu dan kandungan gizi tahu susu lebih banyak dari pada tahu kedelai. Karena itu saya memilih judul “susu segar dapat digunakan sebagai bahan alternatif pembuatan tahu”. Agar semua tahu bahwa susu memiliki banyak manfaat, selain dapat diminum, juga dapat dibuat sebagai bahan alternatif pembuatan tahu.

B.     Rumusan Masalah
Apakah susu segar dapat dibuat tahu?

C.    Tujuan Penelitian
Susu segar sebagai bahan alternatif pembuatan tahu

D.    Mangaat Penelitian
Susu segar tidak hanya dapat diminum saja, tetapi juga dapat dibuat sebagai bahan alternatif pembuatan tahu susu

BAB II
A.    Kajian Teori
Tahu susu atau dadih adalah tahu khas dari kota Lembang. Tahu susu adalah produk turunan dari  susu sapi  yang diperoleh dari penggumpalan susu dengan menggunakan "rennet" atau asam seperti "lemon juice" atau cuka. Rasanya asin dengan tekstur mirip tahu kedelai.

Tahu susu dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan penggumpal tersebut diatas kedalam susu segar.  Bahan-bahan ini akan merubah pH susu menjadi 5,2 - 5,3, sehingga mengikat kalsium yang semula bersatu dengan protein (dalam hal ini kasein) menjadi gumpalan, yang disertai dengan melarutnya garam kalsium dan tostor secara berangsur-angsur.

Bentuk dasar dari Tahu susu berupa suatu massa atau gumpalan yang kandungan airnya dikeluarkan. Penampilan tahu susu mirip dengan tahu sumedang, tetapi isi tahu lebih padat dan lebih gurih. Pembuatan tahu susu lebih sederhana dibandingkan dengan tahu kedelai, hal ini dikarenakan bahan dasar dari pembuatan tahu susu sudah merupakan cairan sedangkan pada kedelai harus melalui beberapa proses untuk mendapatkan cairannya. Bahan penggumpal yang biasa digunakan dalam tahu kedelai, dapat pula digunakan dalam pembuatan tahu susu. 

Pembuatan tahu susu adalah salah satu upaya memanfaatkan susu yang kualitasnya rendah. Untuk pembuatan tahu susu sebanyak 1 (satu liter), bahan=bahan yang digunakan adalah :
1.      Asam asetat, 3 ml (asetat 25%).
2.      Asam sitrat, 6 ml (sitrat 50%).
3.      Asam sitrat analitik cap kupu-kupu sebanyak 3 gr.
4.      Sari nanas (bromellin).
5.      10 ml + 0,06% CaCI2.
6.      Ciolo, 1 : 2 atau 1 : 1.
Tahu susu ini dapat diolah dalam beragam masakan  seperti digoreng, direbus,  dioseng, dan bentuk olahan lain. Jika ingin mendapatkan tahu goreng yang crispy atau renyah, tahu harus digoreng dengan menggunakan minyak bersuhu tinggi dan tahun benar-benar terendam seluruhnya ddi dalam minyak.
Ø  Kandungan gizi : 
Protein, lemak, kalsium dan vitamin 
Lemak : 3.9 % 
Protein : 3.4 % 
Laktosa : 4.8 % 
Abu : 0.72 % 
Air : 87.1 %
Ø  Jenis susu









Susu murni ( whole milk ), susu kurang lemak ( reduced fat milk ), susu rendah lemak ( low fat milk ), dan susu bebas lemak ( free fat milk ) atau susu skim ( skim milk )

B.     Hipotesis
1.      Susu segar dapat dibuat tahu susu?
2.      Susu segar tidak dapat dibuat tahu susu?

BAB III
A.    Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang saya gunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan menggunakan alat ukur dan mengacu pada pengukuran baku ( berupa angka atau jumlah ). Tujuannya agar hasil penelitian yang dilakukan lebih teliti dan akurat.

B.     Variable
v  Variable bebas adalah variable sebagai penyebab timbulnya variable lain. Yang menjadi variable bebas penelitian saya adalah susu segar.
v  Variable terikat adalah variable yangdipengaruhi oleh variable bebas, yang menjadi variable terikat penelitian saya adalah tahu susu
v  Variable kontrol adalah variable yang dikontrol oleh peneliti untuk menetralkan pengaruhnya terhadap variable tergantung. Yang menjadi variable kontrol penelitian saya adalah jenis susu ( susu segar, susu skim )

BAB IV
Kesimpulan dan Saran
A.    Kesimpulan
Susu segar tidak hanya diminum atau dibuat minuman, tetapi dapat dimanfaatkan sebagai tahu susu, yangkandungan gizinya tidak kalah jika dibandingkan dengan tahu yang lain.

B.     Saran
Bagi masyarakat umum bahwa susu segar dapat dibuat aneka kreasi olahan tahu. Menunjukkan pada masyarakat bahwa susu segar dapat diolah sebagai tahu susu yang bernilai jual tinggi dan bergizi tinggi. 
Artikel Terkait
0 Comments
Tweets
Comments

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment