Proses Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia

Posted by Ockym al ayuby on Tuesday, 25 January 2011



DOWNLOAD VIA ZIDDU.COM
JIKA LINK TIDAK BERFUNGSI KLIK ICON FACEBOOK KAMI  YANG ADA DI KANAN POSTINGAN!!!

SEMOGA BERMANFAAT


Latar belakang kedatangan Eropa di dunia timur disebabkan oleh perubahan yang terjadi di Eropa dan Asia Barat. Beberapa perubahan yang terjadi di Eropa diantaranya :
1.      Runtuhnya romawi barat
Setelah Romawi Barat runtuh muncul kerajaan baru seperti Bangsa Vandal mendirikan kerajaan di Spanyol dan AfrikaUtara, bangsa Ostrogoths dan Lambard menguasai Italia Utara, suku Franksmembangun kerajaan di Prancis dan Jerman, Suku Anglo Saxon membentuk kerajaan di Inggris dan Suku Hun mendirikan kerajaan di Hongaria
2.      Perang salib berlangsung sekitar tahun 1096 – 1291
Kemenangan di pihak tentara salib pada 1099 mereka merebut kota Yerusalem dan berdiri kerajaan yang dipimpin Godfield dari Bouilon yang bergelar pelindung Makam Suci. Tahun 1171 Turki Seljuk digulingkan oleh raja Saladin dan dalam waktu singkat menduduki Mesir, Palestina dan Syiria. Naik tahtanya Saladin mengakibatkan munculnya perang salib kembali dalam perang itu pasukan Islam meraih kemenangan dan mengusir tentara salib dari Asia Barat. Setelah Saladin meninggal, kekuatan pasukan melemah sehingga tentara salib berusaha merebut palestina. Tahun 12650 – 1517 terjadi perubahan kekuasaan dalam kerajaan Turki.
3.      Katuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani
Peristiwa ini berdampak negatif terhadap perdagangan Eropa di Laut Tengah. Faktor yang mendorong Bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra diantaranya : ingin membuktikan teori Heliosentris yang diajarkan Copernius, kisah perjalanan Marcopilo ke duniatimur dalam bukunya yang menceritakan tentang Asia kaya rempah dan emas, keinginan mewujudkan 3G, kemajuan IPTEK.
Pada mulanya Bangsa Eropa yang datang ke Indonesia yaitu Portugis dan Spanyol. Bangsa Portugis dikenal sebagai bangsa pelopor penjelajah samudra. Pelaut yang mempeloporinya diantaranya :
a.       Bartholomeus Diaz, yang berlayar dari pelabuhan Lisabon menyusuri pantai barat Afrika. Tahun 1486 ia sampai di ujung selatan Benua Afrika dan kapalnya rusak dilanda angin topan, kemudian daerah tersebut dinamakan Tanjung Topan dan diganti menjadi Tanjung Harapan oleh Raja Portugis Johan II.
b.      Vasco Da Gama, tahun 1497 ia berlayar melalui Lisabon hingga mencapai Calicut pada 1498 dan mendirikan kota dagang pertama di Asia yaitu Goa
c.       Alfonso De Albuquerque, melanjutkan perjalanan Vasco Da Gama dan merebut kota Malaka tahun 1511 dipimpin d’Abreau kemudian menguasai Ternate tahun 1512. Malaka dikuasai Portugis karena Malaka merupakan bandar dagang terpenting Asia.
Melihat keberhasilan Portugis, Spanyol juga ingin mengikuti jejaknya mereka bersaing dalam menemukan daerah penghasil rempah – rempah. Untuk menyelesaikannya diadakan perjanjian Tordesilas pada tahun 1494. Tokoh yang menjelajahi dunia dari Spanyol diantaranya :
a.       Christophorus colombus, ia berlayar pada 3 Agustus 1492 ia percaya bahwabumi itu bulat. Dan mendarat dikepulauan bernama Amerika pada 12 Oktober 1492
b.      Ferdinand Megelheans, 1519 ia berlayar kemudian tiba di kepulauan Massava dan kemudian dikenal dengan Fillipina pada 1921.
Ekspedisi Inggris untuk menguasai perdagangan di sponsori oleh persekutuan dagang Elc. Tokoh yang mempelopori pelayaran diantaranya :
a.       Sir Francis Drake. 1577 ia berlayar dari Inggris kemudian singgah di Ternate dan mendapat rempah – rempah
b.      James Cook, 1770 mendarat di pantai Timur Australia. 1602 Inggris mengadakan ekspedisi yang dilakukan oleh Elc yang dipimpin James Lancanter.
1602 Inggris tiba di Bointen dan mendapat izin penguasa setempat.
Tokoh yang berlayar dari belanda diantaranya :
a.       Cornelis de Houtman, 1598 ia berlayar dari Belanda dan 1596 ia tiba di Banten
b.      Jacob Van Neck, 1598 ia tiba di banten
1601 seorang Advokat Belanda Johan Van Old Barnevelt yang mempunyai ide untuk menggabungkan seluruh perusahaan dagang Belanda di Indonesia ke dalam suatu wadah yaitu VOC. VOC diresmikan pada 20 Maret 1602. VOC juga mempunyai beberapa tujuan. VOC juga memiliki hak – hak istimewa.
31 Desember 1799 secara resmi VOC akhirnya dibubarkan dengan hutang 134,7 juta golden. Tahun 1829 Johanes Van Den Bosh mengusulkan untuk melakukan Politik Kolonial Belanda di Indonesia diantaranya :
a.       Sistem tanam paksa, sistem ini mempunyai beberapa ketentuan dalam ketentuan trsebut menjadi beberapa penyimpangan – penyimpangan.
b.      Politik pintu terbuka, akibat dari politik ini Bangsa Inggris, Belgia, Prancis, AS, Cina, Jepang berdatangan ke Indonesia.
c.       Politik etis, Mr. C. Th. Van Deventer pada 1899 memaparkan gagasan dalam majalah de Gids. Ia mengemukakan utang budi yaitu utang yang harus dilunasi untuk menjaga kehormatan.

v  Dampak Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Nusantara diantaranya : di bidang ekonomi, bidang sosial, bidang budaya.
Perlawanan rakyat terhadap Portugis diantaranya :
1565 di pimpin oleh Sultan HairunTernate melawan portugis. Portugis mendatangkan bantuan dari Malaka yang dipimpin Antonio Galvao. Sultan Hairun dibunuh Portugis pada saat berunding. Rakyat Ternate meneruskan perlawanannya dipimpin oleh Sultan Baabullah Putra Sultan Hairun. Portugis berhasil diusir dari Maluku dan menetap di Timor Timor hingga 1975. Perlawanan rakyat aceh yang dipimpin Raja Sultan Iskandar Muda.
Perlawanan Mataram terhadap VOC antara lain :
a.       Perlawanan Sultan Agung Hanyokrokusuma
b.      Perlawanan Trunojoyo
c.       Perlawanan Untung Surapati
d.      Perlawanan Mangkubumi dan Mas Said
Perlawanan terhadap belanda diantaranya :
a.       Perlawanan Patimura di Maluku
b.      Perlawanan Tuanku Imam Bonjol di Sumatra Utara
c.       Perlawanan Pangeran Diponegoro di Jawa
d.      Perlawanan Rakyat Aceh

v  Pelopor Pergerakan Nasional adalah para pelajar STOVIA. Pergerakan Nasional dilatar belakangi oleh 2 faktor :
1)      Faktor intern : sejarah masa lampau, penderitaan rakyat, peranan golongan terpelajar
2)      Faktor ekstern : kemenangan Jepang atas Rusia, berkembangnya paham Nasionalisme, Liberalisme, Demokrasi
v  Struktur pendidikan pada masa kolonial dibagi menjadi 3 :
1)      Sekolah Angka Dua
2)      Sekolah Angka Satu
3)      Sekolah Eropa
Diskriminasi kolonial terhadap pendidikan mengakibatkan munculnya : sekolah swasta, diantaranya :
1)      Perguruan taman siswa, didirikan Ki Hajar Dewantara
2)      Kayu tanam, didirikan Moh. Syafei
3)      Perguruan Ksoitriyan, didirikan E. F. E Douwes Dekker
Perkembangan Pendidikan Islam, diantaranya :
1)      Pendidikan di langgar
2)      Pendidikan pesantren
3)      Pendidikan madrasah
1908 merupakan tonggak baru bagi perjuangan bangsa Indonesaia untuk mencapai kemerdekaan.
Beberapa organisasi yang bersifat nasional diantaranya :
a.       Budi Utomo
b.      Sarekat Islam
c.       Indische Partij
d.      Partai Komunis Indonesia
e.      Perhimpunan Indonesia
f.        Partai Nasional Indonesia
g.       Partai Indonesia
17 – 18 Desember 1927 dibentuk pemufakatan perhimpunan politik kebangsaan Indonesia. 1935 di Solo muncul Partai Indonesia Raya. Parindra diketuai oleh Dr. Sutomo. GAPI muncul karena adanya penolakan Belanda terhadap petisi sutarjo ditambah adanya sikap Belanda yang tidak mempertimbangkan kepentingan Bangsa Indonesia.
v  Kongres Pemuda I di Yogyakarta pada 30 April- 2 Mei 1926 yang sukses maka diselenggarakan Kongres Pemuda II pada 27 – 28 Oktober 1928 di Jakarta.
Agenda Kongres Pemida II berlangsung seperti berikut :
a.       27 Oktober 1928 diadakan sidang di balai Gereja Katolik di lapangan Banteng
b.      28 Oktober 1928 diadakan sidang di gedung di Jalan Merdeka Utara
c.       28 Oktober 1928 pukul 17.00 – 23.00 diadakan di gedung di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat
Keputusan yang diambil dalam kongres tersebut adalah sebagaiberikut :
a.       Setuju dibentuk sebuah badan dari hasil fusi semua organisasi pemuda
b.      Memperkenalkan Lagu Indonesia Raya
c.       Memperkenalkan Bendera Merah Putih

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment